Prancis Bawa Argentina ke Persidangan FIFA

Bagikan

Prancis membawa Argentina ke persidangan FIFA setelah muncul video tidak mengenakkan dari pemain-pemain Argentina. Dalam video yang diambil dari Instagram Live tersebut, terlihat pemain-pemain Argentina menyanyikan lagu bernada rasis yang ditujukan ke pemain-pemain Prancis.

Prancis Bawa Argentina ke Persidangan FIFA
Seperti yang kita ketahui, Argentina kemarin baru saja menjadi Juara Copa America 2024. Hasil itu mereka dapatkan setelah menaklukkan Kolombia dengan skor 1-0 di Babak Final. Kemenangan itu didapatkan dengan susah payah, karena Argentina harus menjalani Babak Perpanjangan. Bahkan, Lionel Messi harus diganti pada Babak Kedua akibat mengalami cedera serius di kakinya.

Namun, euforia kemenangan tersebut berujung fatal. Pada sebuah Instagram Live milik seorang pemain Argentina, terlihat bahwa pemain-pemain Argentina menyanyikan lagu bernada rasis. Berikut adalah lirik dari lagu tersebut:

Dengarlah, katakan ke seluruh dunia
Mereka bermain di Prancis tapi berasal dari Angola
Betapa indahnya mereka berlari
Mereka seperti orang transgender layaknya Mbappe
Mamanya orang Nigeria, Papanya orang Kamerun
Tapi yang tertera di KTP adalah orang Prancis

Lagu ini ditujukan ke Prancis oleh para fans Argentina pada Piala Dunia 2022 lalu. Saat itu Argentina bertemu Prancis di Babak Final yang berlangsung seru dan berakhir untuk kemenangan Argentina. Fans-fans ini kemudian menyanyikan lagu tersebut ke pemain-pemain Argentina saat perayaan juara.

Enzo Fernandez Meminta Maaf

Enzo Fernandez, pemain yang menyebarkan Instagram Live tersebut, sudah meminta maaf melalui akun Instagramnya. “Saya dengan tulus meminta maaf atas video perayaan timnas di akun Instagram saya. Lagu tersebut mengandung kalimat-kalimat yang tidak mengenakkan dan seharusnya tidak diucapkan. Saya selalu melawan diskriminasi apapun bentuknya dan dengan ini ingin meminta maaf karena terbawa euforia perayaan juara. Video tersebut, momen dan kata-kata tersebut, tidak mencerminkan karakter saya. Saya benar-benar minta maaf,” merupakan tulisan yang tertera dalam postingan Instagramnya tersebut.

Namun tampaknya permintaan maafnya terlambat, karena FFF (French Football Federation, PSSI Prancis) sudah memastikan bahwa mereka akan membawa kasus ini FIFA. Presiden FFF, Philippe Diallo, mengatakan bahwa dia “sangat mengutuk tindakan pemain-pemain Argentina tersebut” dan berharap Argentina akan setidaknya mendapatkan sanksi dari FIFA atas perbuatan pemain-pemain tersebut.

Lalu, apakah Argentina akan mendapatkan sanksi atas insiden tersebut? Patut ditunggu langkah FIFA selanjutnya.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.