Piala Eropa Perempuan 2025: Dimana, Kapan, dan Siapa Saja?

Bagikan

Piala Eropa Perempuan 2025 sebentar lagi akan dilaksanakan. Apa saja yang perlu kita ketahui perihal turnamen ini? Berikut artikel ini akan membahas secara lengkap perihal turnamen ini.

Piala Eropa Perempuan 2025: Dimana, Kapan, dan Siapa Saja?

Dimana Turnamen Berlangsung?

Turnamen akan berlangsung di Swiss pada 2 hingga 27 Juli 2025. Ini adalah turnamen Piala Eropa Perempuan ketiga yang menggunakan format 16 tim. Swiss sendiri memenangkan hak sebagai tuan rumah pada 4 April 2023. Pada perhitungan suara yang dilaksanakan di Lisbon, Portugal, Swiss mengalahkan Prancis, Polandia, dan Denmark-Finlandia-Norwegia-Swedia. Dengan ini, Swiss untuk kali pertama menjadi tuan rumah sebuah turnamen Piala Eropa Perempuan.

Swiss sendiri sudah menyiapkan delapan stadion di delapan kota berbeda untuk menggelar turnamen ini. Berikut daftar stadion-stadion tersebut:
1. St. Jakob-Park (Basel)
2. Stadion Wankdorf (Bern)
3. Stade de Geneve (Jenewa)
4. Letzigrund (Zurich)
5. Arena St. Gallen (St. Gallen)
6. Allmend Stadion Luzern (Lucerne)
7. Stade de Tourbillon (Sion)
8. Arena Thun (Thun)

Siapa Saja yang Berlaga?

Swiss akan otomatis lolos dengan status tuan rumahnya. Swiss akan ditemani 15 tim yang lolos dari Babak Kualifikasi. Saat artikel ini ditulis, sudah ada delapan tim yang memastikan diri lolos ke Swiss. Mereka adalah Italia, Belanda, Spanyol, Denmark, Prancis, Inggris, Jerman, dan Islandia. Mereka lolos setelah menjadi Juara dan Runner-Up Grup Kualifikasi masing-masing. Sementara tujuh tim tersisa akan ditentukan melalui Play-Off yang dilaksanakan pada Oktober dan November 2024 nanti. Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.

Bagaimana dengan Format Turnamen?

Format turnamen sendiri akan sama seperti dua edisi Piala Eropa Perempuan sebelumnya. 16 tim dibagi ke empat grup, Grup A, Grup B, Grup C, dan Grup D. Pembagian pot akan dilakukan sesuai dengan ranking masing-masing tim dari Kualifikasi pada saat pengundian nanti di tanggal 16 Desember 2024. Sebagai informasi tambahan, Swiss akan diberikan posisi A1 dalam pengundian nanti. Inggris, meskipun datang ke turnamen ini dengan status Juara Bertahan setelah menjadi Juara Piala Eropa Perempuan 2022, akan dimasukkan ke pot dua setelah performa mereka yang amburadul di Kualifikasi. Mereka lolos hanya dengan status Runner-Up Grup A3. Bahkan mereka bisa saja tidak lolos andai kemarin kalah di laga penentuan melawan Swedia.

Juara dan Runner-Up Grup kemudian akan lolos ke Babak Gugur, yang terdiri dari Babak Perempat-Final, Babak Semi-Final, dan Babak Final. Delapan tim yang masuk Babak Gugur akan beradu untuk menentukan siapa juaranya.

Siapakah yang nanti akan menjadi Ratu Eropa pada 2025 nanti? Simak terus goalflight.com untuk mengikuti perkembangannya.